20 Februari 2011

Kitab Kuning (Gundul) Sangat Relevan

Posted by Syaikhul Mu'thi 23.21, under | No comments

Turats atau yang lebih dikenal dengan sebutan kitab kuning oleh sebagian kelompok sering dianggap sebelah mata, karena dianggap kuno dan tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. Namun apa sesungguhnya isi kitab kuning tersebut dan bagaimana relevansinya dengan pemahaman keagamaan sekarang ini, masih banyak yang belum memahaminya secara detail.

Kitab kuning adalah kitab-kitab keagamaan berbahasa Arab atau berhuruf Arab karya ulama salaf, ulama zaman dulu, yang dicetak dengan kertas kuning. Sebenarnya yang paling tepat disebut dengan kutub al-turats yang isinya berupa khazanah kreatifitas pengembangan peradaban Islam pada zaman dahulu.

Dalam khazanah tersebut terdapat hal-hal yang sangat prinsip yang kita tidak dapat mengabaikannya. Selain itu, khazanah tersebut juga terdapat hal-hal yang boleh kita kritisi, kita boleh tidak memakainya dan ada juga yang sudah tidak relevan lagi. Tetapi kalau yang namanya kitab usul fiqh, musthalah al-hadits, nahwu-sharaf, ilmu tafsir, ilmu tajwid itu semua adalah prinsip, mau atau tidak mau sekarang kita harus menggunakan kitab-kitab tersebut. Karena, misalnya, kita tidak bisa membaca teks Arab kalau tidak memakai nahwu-sharaf; kita tidak bisa membaca Al-Quran kalau tidak menggunakan ilmu tajwid; kita tidak bisa mengambil hukum dari Al-Quran dan al-Hadits kalau tidak menggunakan usul fiqih dan qawaid al-fiqhiyah. Adapun furu’-nya atau pengembangannya, kita dapat mensikapi dengan mengkritisinya. Walhasil, kita ini, pada zaman sekarang, harus taqlid, tetapi taqlid yang kreatif dan taqlid yang dinamis, karena tanpa taqlid kita tidak bisa berbuat apa-apa.

Kitab-kitab kontemporer sekarang ini tidak lepas dari kitab–kitab zaman dahulu. Siapapun penulis kitab-kitab kontemporer pasti merujuk pada kitab-kitab zaman dahulu, seperti Dr. Ali Saminasar, Dr. Abdul Chalid Badawi, Dr. Yusuf Qardawi, Dr. Harun Nasution, Dr. Nur Cholis Madjid dan lain sebagainya, semua itu tetap bersandar pada kitab turats. Artinya, dalam rangka menjaga orisinilitas kitab-kitab tersebut, maka kitab-kitab turats tersebut harus kita jaga. Adapun pengembangannya baru kita kontekstualkan dengan masa sekarang, seperti kitab fiqih, tapi itu pun masih ada aturannya. Cara mengembangkannya tidak sembarangan dan asal-asalan, harus mengikuti aturannya, seperti adanya qiyas (analogi) dan juga ilhaq yang dapat dijadikan titik temu antara persoalan baru dengan persoalan lama. Misalnya saja, narkoba atau sabu-sabu ya dapat kita qiyaskan dengan khamr. Tetapi ada juga yang sama sekali, sejak dari dulu sampai sekarang, tidak bisa diotak-atik. Ilmu nahwu, ilmu sharaf, musthalah hadits, ilmu Quran, ilmu tajwid semua itu kita tidak dapat menambah apa-apa lagi.

(Sumber : Prof. Dr. Said Agil Siraj, Ketua PBNU)

15 Februari 2011

Posted by Syaikhul Mu'thi 23.56, under | No comments



Hai…guys…sebelum anda para JOMBLO pergi ke dukun cinta/dukun curhat dan sebelum anda melangkahkan kaki anda pergi untuk berobat, dan mereka para dokter cinta memberi obat anti biotik jomblo yg ujung2 nya salah obat, mari kita bedah the jombloisme di sini dg fikiran yg positif thinking yg merupakan salah satu visi KDR (Khalifah Dalam Romansa). Artikel ini bukan untuk mempengaruhi anda dan melarang anda untuk melakukan sebuah hubungan romansa yg harmonis dan sehat, justru kami ingin membuka mata anda dan membantu anda mendapatkan hubungan romansa yg sehat dan harmonis dan menghilangkan status anda sebagai jomblo yg menjadi bahan cemoohan mereka yang berpacaran, dan, lets Go guys……

JOMBLO adalah sebuah status keadaan, di mana anda sedang tidak menjalani serangkaian interaksi sosial terhadap lawan jenis yg istimewa, special, atau khusus bagi anda, yg tujuannya adalah ingin mengenal lebih jauh kepribadian lawan jenis anda, Jomblo sendiri adalah sebuah kata yang menggambarkan seorang Pria ataupun Wanita yang tidak memiliki kekasih. Atau dalam bahasa Inggris, seorang Pria atau Wanita yang SINGLE. jomblo adalah sebuah status bersama-sama status lain seperti In Relationship, Divorced, Married, Friends only, ataupun Complicated (Yang dengan semena-mena di-TradeMark-kan oleh Friendster). Status yang menggambarkan atau mengkotakkan hubungan antara dua lawan jenis yang berbeda.

Secara bahasa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jomblo itu artinya perempuan tua yang nggak laku-laku alias perawan tuwir. Tapi seiring berjalannya waktu, terjadi perluasan makna pada kata jomblo. Kini, jomblo diartikan sebagai julukan “trendy” buat mereka (baik cowok maupun cewek) yang masih sendiri alias single, belum punya pacar, atau belum punya soulmate.

Lawan kata dari kata jomblo adalah berpacaran. Berpacaran adalah sebuah status kebalikan dari kata jomblo, Berpacaran adalah serangkaian aktifitas yg di dalamnya terdapat sebuah interaksi sosial terhadap lawan jenis yang saling mencintai.
Berpacaran merupakan aktivitas ekspresi cinta dua arah, antara dua pihak. Jika berlangsung secara searah saja, hanya sebatas mencintai, maka aktivitas ini belum tergolong pacaran (belum masuk dalam Musim Panas, tetapi baru Musim Semi). Sedangkan bila dua pihak itu sudah saling cinta, tetapi hanya memendamnya dalam hati (atau menyalurkannya untuk aktivitas lain) dan tidak saling mencurahkan cinta, maka ini pun belum bisa disebut pacaran.

Dari pengertian di atas maka kita bisa menyimpulkan bahwa Berpacaran adalah serangkaian aktifitas yg di dalamnya terdapat sebuah interaksi antara lawan jenis yg berpotensi menimbulkan kemaksiatan yg ujung2nya adalah perzinahan, dari zina otak,mata,tangan,dan bla bla bla lainnya. Bohong jika ada seseorang yg melakukan pacaran kemudian tidak melakukan kemaksiatan, yg ada adalah maksiat semester awal sampai dg maksiat semester akhir, yg akhirnya adalah membuat skripsi pernikahan yg hamil duluan.Islam tidak mengenal pacaran / hubungan pranikah, islam hanya mengenal satu ketegasan, nikah atau zina.

Hai…guys….jika anda adalah orang yg hobby olah raga, dan anda melakukan olah raga di sebuah GOR (gelanggang olah raga) pada pagi hari, maka jangan heran ketika malam datang, tempat anda berolah raga berubah menjadi GOR (gelanggang olah raga rasa) sebagai tempat / markas para doifer, ya..karena orang2 yg berpacaran slalu mencari tempat2 gelap dan sepi untuk melakukan sebuah kemaksiatan, dan untuk tingkat profesional mereka tidak segan2 melakukannya di sebuah hotel. bahkan menurut sebuah penelitian para pemuda yg melakukan sek bebas lebih banyak pemuda yg berpacaran di rumahnya sendiri, wow..ironis sekali..di manakah peran orang tua sebagai pemegang amanah.

Hai…brother..jika anda jomblo, dengarkanlah kisah romansa di bawah ini dg secangkir teh hangat dan tersenyumlah…., karena kisah romansa di bawah ini adalah sebuah berita baik bagi anda, dan berita buruk bagi kaum doifer yg menganut system romansa yg dangkal.

Saya teringat,,,ketika saya masih sekolah dulu, saya mempunyai seorang teman yg slalu menjadi cemoohan para doifer, tetapi dia selalu menyikapinya dg berfikir positif thinking dan berprasangka baik terhadap tuhan, dia sebut saja AR tidak pernah sekalipun menyentuh wanita yg bukan muhrimnya dalam berinteraksi sosial, dia selalu menjaga pandangannya dari kemaksiatan, dia tidak berpacaran yg berpotensi menimbulkan kemaksiatan, menurut ia berpacaran itu adalah sebuah hubungan romansa yg dangkal, dan berakhirnya status jomblo adalah menikah bukan memiliki pacar/berpacaran, tetapi bukan berarti dia menutup diri dalam berinteraksi sosial terhadap lawan jenis.

Dia adalah orang yg selalu berusaha dan menjaga dirinya dari sebuah kemaksiatan dan perzinahan, karena menurut keyakinan dia, bahwa orang2 yg tidak menjaga kesucian dirinya akan mendapatkan jodoh dg orang yg tidak menjaga kesuciannya jg. Karena menurut sebuah riwayat,”Tidaklah menikah seorang muslim kecuali dg seorang muslimah yg lain”. Lima tahun kemudian saya bertemu kembali dg AR, dan Ia sudah menikah dg seorang wanita yg juga menjaga kesucian dirinya , wanita yg tidak pernah sekalipun di sentuh fisiknya oleh pria lain, wanita yg bukan bekas di pacarin orang lain, wanita yg menurut saya nilainnya adalah 8 untuk fisiknya dan 8,9 untuk akhlaknya, padahal teman saya secara fisik nilainya adalah 6 dan akhlaknya sama dg siwanita.apalagi dia (si pria) hanya seorang penjual nasi kuning yg mangkal di depan sebuah mall di Bekasi.

Kisah romansa teman saya di atas adalah salah satu kisah nyata dalam ribuan kisah romansa lainnya, yg menurut saya sudah menjadi hukum alam, karena “tidaklah menikah seorang muslim kecuali dg seorang muslimah yg lain”. dan jika ada seorang pria atau wanita yg hidup nya terbiasa berpacaran dan terbiasa dg perzinahan, baik zina bibir, tangan , mata ,dll, kemudian di akhir kehidupan romansanya ia menikah dg orang yg selalu menjaga kehormatan dan kesucian, Maka saya sangat berduka cita kepada orang2 yg sangat menjaga kehormatan dan kesucian dirinya , saya berduka cita kepada orang2 yg rajin beribada jika itu terjadi.

N’ Guys…..jika saat ini anda mempunyai seorang pacar yg tiap malming slalu anda belai di kegelapan, yg menurut anda adalah sebagai tanda cinta dan sayang kepadanya, jika anda mempunyai pacar yg tiap malming anda zinahi sebagai bentuk nyata kepemimpinan anda sebagai seorang pemimpin bagi kaum wanita, maka bersiaplah dg karma cinta di akhir romansa hidup anda. Seperti kisah romansa di bawah ini yg saya ceritakan dalam bentuk intermezzo kecil yg judulnya adalah “Karma dalam romansa”.
Di dalam sebuah kehidupan romansa, ada 4 orang pemuda yg terbiasa menghabiskan waktunya berpoya2 di cafe2 sejagad Jakarta tiap malming tiba, dan melancarkan misinya menaklukan hati para wanita yg kemudian di akhiri dg perzinahan, dari zina otak , mata, tangan, dll, adalah hal yg biasa, ya…hal biasa karena memang sudah terbiasa.

Suata ketika, salah seorang dari mereka menyadari bahwa wanita yg dg gampang di pegang2, dan tidak menjaga kesucian dan kehormatan dirinya, serta tidak menutup auratnya adalah membosankan. dan salah seorang dari mereka memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya dan mencari pendamping hidup yg solehah dan menjaga kehormatan serta ga gampangan di pegang2 orang. Bertemulah ia dg seorang wanita yg menurut dia adalah wanita muslimah yg solehah, dan ia pun menikah, dalam pernikahan.. ketiga temannya yg lain di undang untuk merayakan resepsi pernikahan sahabatnya itu Ketika ketiga sahabatnya datang untuk menghadiri resepsi pernikahan sahabatnya, di perkenalkanlah pengantin wanita, dan ketiga sahabatnya terkejut ketika melihat si pengantin wanita, sambil tersenyum dan mengucapkan selamat, dan bla bla lainnya, merekapun pulang Dalam perjalanan pulang ketiga sahabatnya berbicara di hati mereka masing2, kata sahabat yg pertama (waduh…cewe yg tadi jd istri temen gue kan mantan gue 3 tahun yg lalu, yg dah gue cium abis bibirnya). Kata Sahabat yg kedua (Hah…itu cewe kan yg sekwilda 4 tahun yg lalu sama gue) Kata Sahabat yg terakhir (ya ampiun….mantan gue yg ke 12 ternyata jadi istri temen gue, hem..padahal dah bekas gue).

Ho,,hoo..hai…bro…dari intermezzo di atas itu adalah berita buruk bagi para doifer, dan kisah di atas mungkin adalah sebuah kisah nyata dalam kehidupan romansa salah satu sahabat anda/tetangga anda/ sahabatnya tetangga anda, ya…itulah karma dalam romansa yg pantas dalam kenyataan hidup seperti ini., dan biasanya orang2 yg menikah yg pernikahannya di mulai dg pacaran yg isinya adalah perzinahan, maka ending rumah tangganya berakhir dg tragis, dg problem rumah tangga yg menimpanya secara bertubi2, dari perselingkuhan, masalah ekonomi , dan lain2nya. Walaupun ada beberapa yg tidak seperti itu, tp itu adalah minoritas. Ibarat berlayar dg kapal air yg bobrok pondasi dasarnya, dan akhirnya akan tenggelam di tengah lautan.

Sobat…..jika anda menginginkan sebuah romansa yg harmonis, maka mulailah dari dalam diri anda, rubahlah gaya anda dalam memimpin kehidupan romansa anda, jadilah seorang khalifer. Kisah romansa di atas adalah sebuah kenyataan hidup yg tidak dapat di pungkiri, temukanlah kebenarannya dalam kehidupan social anda , dan perhatikanlah,,, ending dari kehidupan romansa orang2/sahabat2 anda yg tergolong kaum doifer.dan sekali lagi “tidaklah menikah seorang muslim kecuali dg seorang muslimah yg lain”
N’ sobat jomblo….dalam kejombloan anda tanamkanlah sikap positifthinking dalam diri anda , dan jangan pernah berprasangka buruk terhadap tuhan atas kejombloan anda, jadilah jomblo yg khalifer, yg selalu meningkatkan nilai dirinya sebagai manusia. Seorang jomblo khalifer bukan berarti jomblo yg ga laku, tetapi jomblo yg sedang lari kesana kesina karena di kejar2 para orang tua untuk dinikahkan dg putrinya. Karena begitu percayanya para orang tua dg para khalifer untuk membawa putrinya di bawah kepemimpinan anda dalam berumah tangga.

Mengapa berlari?, ya..karena seorang khalifer adalah seseorang yg memilih pasangan hidupnya, bukan seseorang yg di pilih karena memang tidak ada yg di pilih, seorang khalifer adalah seseorang yg memilih wanita untuk menjadi pendamping hidupnya, seperti mencari atau memilih dan mengambil intan di antara tumpukan perhiasan lainnya seperti emas, perak, perunggu, dll.”tetapi jika ada yg virgin kenapa harus pilih yg second”.ha..ha..

Hai..guys…setelah saya selesai membuat artikel ini, jika malming tiba rasanya saya ingin menaiki gedung tertinggi di Jakarta dan memperhatikan aktifitas antara orang2 yg jomblo dg orang2 yg berpacaran, dan saya ingin berteriak dg keras kepada seluruh orang2 jomblo sejagad Jakarta,”HAI..BROTHERS..APAKAH ANDA JOMBLO?, JIKA ANDA JOMBLO, MAKA TERSENYUMLAH…………..

(sumber : Artikel Facebook Khalifah Dalam Romansa)

10 Mei 2010

My Greatest Inspiration "3 Idiots"

Posted by Syaikhul Mu'thi 10.31, under | 1 comment

Judul Film : 3 Idiots

Pemain : Aamir Khan, R. Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor
Sutradara : Rajkumar Hirani
Durasi : 164 menit
Genre : Drama Komedi

Bercerita tentang persahabatan 3 mahasiswa yaitu Rancho (Aamir Khan), Raju (Sharman Joshi) dan Farhan (R. Madhavan) di Imperial College of Engineering. Mereka harus tinggal di asrama sampe selesai menempuh pendidikan sebagai enginer. Di balik pendidikan yang yah.. sebenernya sama aja kayak di Indonesia, kita diharuskan ngerti ini itu, menghapal diluar kepala definisi ini itu sesuai apa kata buku, tanpa tau nantinya bisa diterapkan atau tidak semua pelajaran itu.

Rancho sebagai tokoh sentral di film ini membuktikan, mahasiswa bandel bukan berarti tidak pintar. Film ini juga membuat kita bisa membuka mata, bahwa kuliah ga hanya mengejar IP tinggi, tapi jauh dari itu. Persahabatan antara Rancho, Raju dan Farhan seperti layaknya persahabatan lainnya, ada sedih dan gembira bersama. Yeah, what friends are for bukan?

Sampai akhirnya Rancho, mahasiswa bandel yang jadi kemarahan rektor mereka (disebut mereka Virus) yang akhirnya suka sama anaknya Virus yang bernama Pia (Kareena Kapoor). Banyak yang terjadi hingga saatnya mereka lulus dan Rancho berhasil menjadi mahasiswa terbaik.

Setelah beberapa tahun lamanya mereka bertiga terpisah, Raju dan Farhan mencari Rancho. Mereka mendapati bahwa Rancho yang selama ini mereka kenal adalah seorang joki untuk mendapatkan ijazah bagi seorang yang bernama Ranchoddas. Lah, kok bisa? Nonton aja ya lanjutannya


sumber : http://nike.rasyid.net

Back to Blog World

Posted by Syaikhul Mu'thi 09.55, under | No comments

Akhirnya aku kembali bisa ngeblog setelah hampir satu tahun sibuk dengan kuliah, di pondok sampe sudah lawatan ke bandung, ya kerja praktek. Walaupun jadwal kuliah nggak sepadat semester 1 tapi demi mempersiapkan TA dan semacamnya itu, kuliah mesti diseriusin. Malahan beberapa minggu kemarin, tepatnya pas ujian aku sempat mengalami kebimbangan, setelah lulus aku mau ngapain? Dapet Ngebanggain Ortu nggak? Terus biar sesuai kemampuanku, aku mesti ambil skripsi apa? Waktu itu aku bener-bener drop, nggak tahu ninch, dampaknya juga masih kerasa sampai sekarang. Geothermal, Minyak? Geothernal, Minyak? Dua kata itu seperti terulang-ulang terus dalam pikiranku. Kalau Geothermal, prospeknya gimana? Kalo di minyak aku mampu nggak, karena lihat seismic section ja rasanya udah pusing?

Mungkin semua itulah sebagian yang menyibukkanku selama ini.
Sampai sekarang aku masih nyari pilihan yang paling tepat. Geothermal ato Minyak ya?

12 Juli 2009

Andai saja dia baca tulisan ini

Posted by Syaikhul Mu'thi 19.55, under | No comments

Berawal dari sebuah keduniawian
Ku peroleh sesosok penentram hati
Sehingga keburukanku terlupakan

Namun, kini dia telah pergi
Kau kenapa?
Secepat itukah kau meninggalkanku?
Apa kau telah lupa apa yang baru kita jalin?
Apa karena hatimu dan hatinya telah terikat?
Apa mungkin karena kesalahanku?
Ku mohon, maafkan seseorang yang telah banyak bersalah ini,
Ku mohon, Izinkan aku untuk berubah !
Sungguh, aku tak bisa melupakanmu...

Kadang hatiku menjerit,
Duh Gusti, apakah ini balasan?
Balasan karena keburukanku dulu...

Duh Gusti, aku benar-benar mencintainya,
Melebihi apa yang pernah aku rasakan dulu...

Duh Gusti, Berikanlah aku ridho-Mu untuk mencintainya sampai dia menjadi sebaik-baiknya perhiasan bagiku, namun janganlah siksa hamba-Mu ini dengan nafsu karena ingin memilikinya saat ini...Aamiiin

28 Mei 2009

Sinopsis "Doa Yang Mengancam"

Posted by Syaikhul Mu'thi 21.18, under | No comments

MADRIM (Aming), seorang kuli angkut di pasar induk. Musibah datang bertubi-tubi, ia mempunyai banyak hutang, ditinggal istri dan diusir dari kontrakannya. Ia curhat ke temannya KADIR (Ramzi), penjaga musolah. Menurut Kadir, Madrim kurang berdoa dan shalat. Walupun Madrim mengikuti saran temannya, namun nasibnya tak kunjung berubah. Madrim pun kemudian terinspirasi untuk berdoa yang bukan saja memohon namun juga mengancam. Jika doanya tidak terkabul ia menyembah setan. Dalam keadaan putus asa Madrim pergi berkelana tak tentu arah, hingga suatu saat ia sampai di suatu padang ilalang. Tak disangka, petir menyambar Madrim, sehingga ia koma beberapa hari. Ketika madrim tersadar, ia memiliki kemampuan mengetahui keberadaan seseorang hanya dengan melihat fotonya. Kemampuannya itu dimanfaatkan polisi untuk melacak para buron. Hal itu mengusik TANTRA (Dedi Sutomo) “buron kerah putih” yang kaya raya. Tantra menculik Madrim dan menahan di apartemennya dengan memberinya gaji buta dan pengawalan ketat.

Madrim pun seketika hidup berkecukupan. Ia kemudian membayar semua hutang-hutangnya. Madrim senang. Atas saran Kadir, Madrim mengunjungi ibunya di kampung. Tetapi betapa terkejutnya Madrim saat melihat masa lalu ibunya melalui sebuah foto lama. Madrim pun syok dan memutuskan kembali ke Jakarta.

Ia pun kembali memohon, dan lagi-lagi mengancam Tuhan agar ia dibebaskan dari “kemampuan lebih”nya yang ternyata justru menyiksa dirinya. Doanya tak mempan. Malah kemampuannya justru bertambah. Ia bukan saja bisa melihat gambaran seseorang saat ini, tapi juga gambaran di masa mendatang. Madrim pun semakin tidak tenang!!

Tantra yang melihat Madrim lesu dan kesepian, berinisiatif memanggil seorang pelacur kelas atas. Ternyata pelacur itu adalah LEHA (Titi kamal), istri Madrim! Madrim merayunya agar Leha mau hidup bersama lagi seperti dulu. Tetapi Leha memilih jalan lain.

Madrim sangat terpukul. Ia memutuskan “membuang” semua kekayaannya. Madrim pun memutuskan untuk pergi ke padang ilalang. Ia berteriak memanggil petir agar menyambarnya, dengan harapan kekuatannya hilang dan ia kembali menjadi manusia biasa. Berhari-hari Madrim bergolek di padang ilalang sampai nyaris mati lemas, tapi petir tak kunjung datang.

Kadir dan orang-orang desa yang menemukan Madrim berdoa untuk keselamatannya. Madrim merasa iri pada orang-orang yang masih bisa berdoa, karena dirinya sudah takut berdoa. Kadir menyarankan agar Madrim bersikap tawakal.

Apakah Madrim akan mendapatkan kebahagiaan sesungguhnya ?.. Penasaran? Lo penasaran, tonton j dch ni film. Bagi yang udah nonton gimana, bagus kan?


sumber : http://www.brokencode.biz

26 Mei 2009

Untitled

Posted by Syaikhul Mu'thi 18.49, under | No comments

Di hari yang penuh dengan godaan ini aku diuji pada suatu keadaan yang sangat erat hubungannya dengan batin. Mungkin selama ini aku terlalu menganggapnya berlebihan. Apa yang sekarang aku berikan kepadanya ternyata belum sama dengan apa yang dia berikan kepadaku. Mungkin keikhlasan adalah kunci dari segalanya, kunci menuju tempat terindah...

Aku akan mencoba untuk bertahan, menggapai asa yang sangat mereka impi-impikan sejak dulu, sejak mereka melahirkan aku ke dunia ini, dunia yang penuh dengan canda dan permainan belaka...

Ku mohon petunjuk...
Wahai Yang Maha membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu !
Aamiiiin....

Tags

Aku hanyalah

Foto saya
Dilahirkan di kota yang terkenal dengan sebutan Jepangnya Indonesia, Warteg, Ngapakz dan sebutan2 lainnya, Tegal tercinta, pada 4 September 1989. Belajar dari pengalaman yang telah diperoleh selama masa remajanya, penulis memiliki sebuah kata-kata mutiara yang mungkin bisa direnungi bersama, " Ayo Podho Ngamal Nganggo Ngilmu…" Sebuah pesan singkat yang mengajak kita untuk menyeimbangkan antara ilmu untuk akhirat dan ilmu untuk keduniawian, dengan mengharap satu tujuan, bertemu Sang Kekasih Abadi, Sang Pujaan hati.

Blog Archive

Beautiful Say

3 Obat Stress :

1. Anggap Suatu Tuntutan Sebagai Tantangan Yang Pasti Bisa Diselesaikan;

2. Terus Belajar Untuk Menambah Pengetahuan ; Dan

3. Sharing Dengan Teman Sebagai Suatu Hiburan.



-terupdate-

Popular Posts